PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MELALUI PERMAINAN ENGKLEK

Main Authors: Ramlan, ., Simanjuntak, Victor, Triansyah, Andika
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2016
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/15354
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/15354/13537
Daftar Isi:
  • Abstrak : Permasalahan yang selalu dihadapi oleh guru pada saat pembelajaran adalah lompat jauh pada siswa kelas IV dimana mengalami pada saat berlari, menolak, dan mendarat untuk meningkatkanya perlu pembelajaran engklek agar siswa senang dan mampu mau melakukanya. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam penelitian tindakan kelas (PTK) ini yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru berkolaborasi dengan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 22 sungai kakap kabupaten kuburaya yang berjumlah 34 siswa Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan penelitian memberikan dampak positif pada siswa karena terdiri dari siklus I dan siklus II berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pembelajaran siklus I siswa yang baru lulus berjumlah 30 siswa atau 88, % sedangkan siswa yang belum lulus berjumlah 4 siswa atau 12 % maka dilanjutkan ke siklus II agar siswa memiliki kesempatan untuk perbaikan lompat jauh dengan pembelajaran engklek baru siswa lulus semua dari 34 siswa dan siswa yang belum lulus atau tuntas tidak ada. Kata Kunci: Lompat jauh, permainan engklek. Abstract: The problem often faced by teachers during the learning is the long jump in grade IV where experienced when running, refused, and landed on the learning needs of increasing engklek that the students happy and able would do it. Forms of research is classroom action research. In a classroom action research This is the subject of this study were teachers collaborate with fourth grade students of State Elementary School 22 river snapper district Kubu Raya totaling 34 students Based on the results of research carried out research have a positive impact on students because it consists of the first cycle and the second cycle of planning, implementation, observation and reflection. Learning first cycle of students who have recently graduated numbered 30 students or 88% while students who have not passed amounted to 4 students, or 12%, then proceed to the second cycle so that students have the opportunity to repair the long jump with learning engklek new students pass all of the 34 students and students who have not graduated or completed no Keywords: Long Jump, Englek Play