PENINGKATAN PERILAKU SOPAN MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA GAMBAR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
Main Authors: | Ramlah, Siti, ., Syukri, ., Marmawi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/15315 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/15315/13513 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan perilaku sopan melalui metode bercerita dengan media gambar pada anak usia 5-6 Tahun TK Karya Nyata Punggur Kecamatan Sungai Kakap. Peneliti menggunakan metode deskriftip. Adapun bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, IPKG I, IPKG 2 dan wawancara. Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1). Perencanaan, 2). Pelaksanaan, 3). Pengamatan atau Observasi dan 4). Refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah observasi/pengamatan dan wawancara/percakapan, alat pengumpulnya adalah format observasi dan panduan wawancara. Kesimpulan menunjukkan: 1) Perencanaan pembelajaran telah terlaksana dengan sangat baik, 2) Pelaksanaan pembelajaran telah terlaksana dengan sangat baik, dan 3) Peningkatan perilaku sopan setelah pembelajaran menggunakan metode bercerita dengan media gambar pada anak usia 5-6 Tahun TK Karya Nyata Punggur Kecamatan Sungai Kakap sangat meningkat dengan rincian sebagai berikut: dengan kriteria sebagai berikut: Suka menolong 84%, Berbicara dengan sopan 80% dan mau memohon maaf 76%. Saran dalam penelitian ini, sebagai guru TK diharapkan dapat mengikuti perkembangan dunia pendidikan secara kontinue, khususnya dalam dunia pendidikan PAUD sehingga guru dapat meningkatkan kemampuan pengembangan pembelajaran. Kata Kunci: Perilaku Sopan, Metode Bercerita Abstract: The purpose of this study is to investigate: planning, implementation and improvement of learning polite behavior through storytelling with media images of children aged 5-6 years of Real Punggur TK Gammon River District. Researchers used methods deskriftip. The shape of this research is a class act. Analysis of the data used in this study of observation, IPKG I, IPKG 2 and interviews. The measures used in this study are as follows: 1). Planning, 2). Implementation, 3). Observations or observation and 4). Reflection. Data analysis techniques used were observation / observation and interviews / conversations, pengumpulnya tool is the format of observation and interview guides. The conclusion showed: 1) Planning of learning has been performing very well, 2) Implementation of the learning has been done very well, and 3) Improvement of polite behavior after learning using storytelling with media images of children aged 5-6 years of Real Punggur TK River District snapper greatly improved with the details as follows: with the following criteria: Likes to help 84%, 80% Speaking politely and want to apologize 76%. Suggestions in this study, as a kindergarten teacher is expected to follow the development of education continuously, especially in early childhood education so that teachers can improve learning development. Keywords: Polite Behavior, Storytelling Method