SERVICE BAWAH BOLA VOLI MELALUI BERMAIN LEMPAR TANGKAP BOLA DI SDN 17 KARANG BOTONG

Main Authors: Sami an, ., Simanjuntak, Victor, Supriatna, Eka
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2016
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/15282
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/15282/13467
Daftar Isi:
  • Abstrak: Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan pembelajaran service bawah pada permainan bola voli melalui pendekatan bermain lempar tangkap bola pada siswa kelas V SDN 17 Karang Botong. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah guru berkolaborasi dengan siswa kelas kelas V Sekolah Dasar Negeri 17 Karang Botong Kabupaten Sekadau. Jumlah keseluruhan siswa kelas V adalah sebanyak 27 siswa, terdiri dari 17 siswa putra dan 10 siswa putri. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I terdapat hasil ketuntasan dengan jumlah 13 siswa atau sebesar 48,1% dan siswa yang belum tuntas berjumlah 14 siswa atau sebesar 51,9%. Sedangkan siklus II terdapat hasil siswa dengan kategori tuntas semua dengan siswa lulus berjumlah 27 siswa dan belum tuntas berjumlah 0 atau tidak ada. Kata Kunci: Service Bawah, Lempar Tangkap Abstract: The purpose of the study was to determine the increase in service learning under in a game of volleyball with catching approach play throwing the ball at the fifth grade students of SDN 17 Karang Botong . Forms of research is classroom action research . The subjects in this study were teachers collaborate with grade V grade students of SDN 17 Karang Botong Sekadau. The total number of students of class V are as many as 27 students , consisting of 17 boys and 10 female student. Based on the results of the study in the first cycle are the result of the thoroughness with the number of 13 students , or at 48.1 % and students who have not completed totaled 14 students , or of 51.9 % . While the second cycle there is a category of student outcomes to complete all of the graduating students numbered 27 students and unfinished amounted to 0 or does not exist. Keywords: Service Down, Throw Capture