MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 15 NANGA PINOH MELALUI METODE DEMONSTRASI

Main Authors: F34210290, Sa?diah, Sabri, Tahmid, ., Syambasril
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2013
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1524
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1524/1471
Daftar Isi:
  • Absract : The research about The Use of Demonstration Method for Improving Students Learning Activities within the Subject of Civic Education on Gotong Royong at the Second Class of SDN 15 Nanga Pinoh of Melawai Regency, aims at grasping students improvement in learning activities after applying the demonstration method. The method used for the assasement is classroom action research which is conducted in two cycles. Prior to the application of the method, the average results of the students activities is 52.80, and it shifts to 68.40 alter the application. At the second cycle, the range 83.60. it can be concluded, thus, that there is some improvement of students learning activities at the second class by using demonstration method in the amount of 30.80 or 12.32%. Key Concept : Use of Demonstration Method, Student Activities Abstrak : Penelitian tentang Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran PKn Materi Gotong-Royong di Kelas II Sekolah Dasar Negeri 15 Nanga Pinoh Kabupaten Melawi bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa setelah menggunakan metode demonstrasi. Bentuk penelitian yang digunakan adalah PTK yang dilaksanakan dalam dua siklus. Aktivitas siswa kelas II sebelum digunakannya metode demonstrasi pada pembelajaran PKn materi gotong royong di Sekolah Dasar Negeri 15 Nanga Pinoh Kabupaten Melawi sebesar 52.80. Aktivitas siswa kelas II setelah digunakannya metode demonstrasi pada pembelajaran PKn materi gotong royong di Sekolah Dasar Negeri 15 Nanga Pinoh Kabupaten Melawi pada siklus 1 sebesar 68.40, pada siklus 2 sebesar 83.60. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat peningkatan aktivitas siswa kelas II setelah digunakannya metode demonstrasi sebesar 30.80 atau sebesar 12.32 %. Kata Kunci : Penggunaan Metode Demonstrasi, Aktivitas Siswa