KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR DI SMP

Main Authors: Tomo, ., Yusmin, Edy, Riyanti, Sri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2016
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/15106
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/15106/13358
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi bangun datar di kelas VII SMP Negeri 3 Teluk Keramat. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian survei. Sampel penelitian ini adalah 34 siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Teluk Keramat. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes esai dan pedoman wawancara tidak terstruktur. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memahami masalah tergolong sedang dengan persentase 45,8%; kemampuan siswa dalam menyusun rencana permasalahan tergolong rendah dengan persentase adalah 31,6%; kemampuan siswa dalam menyelesaiakan sesuai rencana tergolong rendah dengan persentase adalah 18,2%; dan kemampuan siswa dalam memeriksa kembali prosedur dan hasil penyelesaian tergolong rendah dengan persentase adalah 16,4%. Kata kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Materi Bangun datar Abstract: This research aims to describe the problem solving ability of students on the material about plane in grade VII SMP Negeri 3 Teluk Keramat. The method used is descriptive method with the survey of the research. The sample of research is 34 the students of graude VIII SMP Negeri 3 Teluk Keramat. Data collection tools that used are a essay test and unstructured interview guides. The result data analysis showed that the students' ability to understand the problems classified is the middle with the percentage of 45.8% ; students’ ability to prepare planing for the problems is low with the percentage of 31.6% ; students' ability to resolve the planing in accordancing is low with the percentage of 18.2%; and students’ ability to re-examine the procedures and results of the completion is low with the percentage of 16.4%. Keywords: Problem solving ability, Plane matherial