EFEKTIVITAS PEMBERIAN KUIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Main Authors: Wardani, Fitri, Ulfah, Maria, Buwono, Sri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2016
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/15097
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/15097/13356
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemberian kuis terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 10 Pontianak pada mata pelajaran ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bentuk penelitian eksperimen berpura-pura (Quasy experiment). Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol tahun ajaran 2015/2016. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata pre-test sebesar 44,80 dan nilai rata-rata post-test sebesar 82,90 terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas ekperimen sebesar 38,10 serta hasil belajar pada kelas kontrol mendapat nilai rata-rata pre-test sebesar 44,30 dan nilai rata-rata post-test sebesar 77,80 terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas kontrol sebesar 33,50. Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang pembelajarannya diajar dengan pemberian kuis dengan pembelajaran yang diajarkan secara konvensional, di mana nilai kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan nilai kelas kontrol. Sedangkan effect sizenya tergolong sedang yakni sebesar 0,46. Kata kunci : Pemberian Kuis, dan Hasil Belajar Abstract: This study aims to determine the effectiveness of the quiz to the learning outcomes of students of class XI IPS SMA Negeri 10 Pontianak on economic subjects. The method used is an experimental method to form experimental studies pretend (quasy experiment). The sample in this research is class XI IPS 1 as an experimental class and class XI IPS 2 as the control class academic year 2015/2016. The result showed that the learning outcomes of the experimental class got an average pre-test of 44.80 and the value of the average post-test of 82.90 are improving student learning outcomes experimental class at 38.10 and learning outcomes in the control class scored an average pre-test of 44.30 and the value of the average post-test of 77.80 are improving student learning outcomes control class is 33.50. There are significant differences between the results of student learning that lesson taught by administering a quiz with learning taught conventionally, where the value of the experimental class is better than the control class value. While the effects were moderate ie sizenya 0.46. Keywords : Giving quiz, and Learning Outcomes