PENERAPAN PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI TARI DI SMP

Main Authors: Azmi, Imie Nur, ., Ismunandar, Wartiningsih, Agus
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2016
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/15045
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/15045/13324
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII C SMP Negeri 8 Pontianak dalam pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan khususnya materi seni tari. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model pembelajaran kooperatif, model yang diterapkan adalah tipe Student Teams Achievement Division (STAD) menurut Trianto (2007:52). Hasil belajar siswa dalam pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan khususnya seni tari dengan meningkatnya nilai rata-rata kelompok dan meningkatnya nilai rata-rata siswa. Kelompok 1 mengalami peningkatan nilai rata-rata sebesar 18,34, kelompok 2 mengalami peningkatan nilai rata-rata sebesar 22,34, kelompok 3 mengalami peningkatan rata-rata sebesar 20,83, kelompok 4 mengalami peningkatan nilai rata-rata sebesar 24,16, dan kelompok 6 mengalami peningkatan nilai rata-rata sebesar 21,52. Tindakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berhasil meningkatkan nilai siswa kelas VII C SMP Negeri 8 Pontianak dalam pembelajaran seni tari yakni nilai rata-rata siswa meningkat sebesar 21,38. Kata kunci: Model Pembelajaran STAD dan Seni Tari Abstract: This research aims to improve the learning outcomes of studens of class VII C Junior High School 8 Country Pontianak in Cultural Art dan Skills Learning materials especially dance. The theory used in this study a cooperative learning model, a nodek that is applied is of type Student Teams AchievementDivision (STAD) according Trianto (2007: 52). Student learning outcomes in learning and Skills Cultural Arts particular model of learning th art of dance with Student Teams AchievementDivision (STAD) is increasing the average value of the group and the increasing value of the average student. Group I experienced an increase in value by an average of 18.34, Group 2 values increased by an average of 22.34, Group 3 exprerienced an increased in value by an average value of 20.83, Group 4 had increased an average value of 20, group 5 has increased an average value of 24.16, and group 6 has increased an average value of 21.52. Action learning model Student Teams Achievement Division (STAD) succesed to increase the value of the seventh grade student of SMP Negeri 8 Pontianak in learning the art of dance student’ average score increased by 21.38. keywords: Model STAD and Art of Dance