PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 06 PEMUDANG MELIAU
Main Authors: | Febrianti, Endang, AH, Maridjo, ., Rosnita |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1503 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1503/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak: Judul penelitian ini adalah peningkatan aktivitas pembelajaran IPA dengan menggunakan metode demostrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas pembelajaran IPA dengan digunakannya metode demonstrasi di kelas IV SDN 06 Pemudang Meliau. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah 12 orang siswa kelas IV SDN 06 Pemudang Meliau yang kurang aktif dalam pembelajaran IPA. Hasil analisis data menunjukan bahwa setelah diberikan penelitian terdapat peningkatan aktivitas siswa sebesar 43 % dan hasil belajar 41%. Kata kunci : aktivitas, pembelajaran IPA, metode demontrasi. Abstract: The title of this research is the improvement of the learning activities of the natural science by using demostrasi method. This research aims to know the natural science learning activities increased with the use of the method of demonstration in class IV SDN 06 Pemudang Meliau. The research method used is descriptive research with the class action. The subject of research is the 12 grade IV SDN 06 Pemudang Meliau. Who are less active in learning the natural science. The results of the analysis of the data showed that after being given the research there is a growing activity of students of 43% and 41% learning outcome. Keywords: activity, learning the natural science, the method of demonstration.