DESKRIPSI KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA PRAKTIKUM KELARUTAN DAN HASIL KELARUTAN (KSP) KELAS XI IPA
Main Authors: | Simbolon, Paul Pangihutan, ., Hairida, Harun, Andi Ifriani |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/14994 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/14994/13244 |
Daftar Isi:
- Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan psikomotorik siswa kelas XI IPA SMA MAN Mempawah pada praktikum kelarutan dan hasil kali kelarutan, keterampilan menggunakan alat dan keterampilan komunikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sebanyak 24 orang siswa kelas XI IPA MAN Mempawah terlibat dalam penelitian ini. Lembar observasi keterampilan psikomotorik, dan wawancara serta laporan hasil praktikum merupakan alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian. Kemampuan psikomotorik yang digambarkan adalah keterampilan menggunakan alat dan keterampilan komunikasi siswa. Berdasarkan hasil penelitian rata-rata keterampilan psikomotor siswa pada penggunaan alat diperoleh kategori baik sebesar 61,57%. Dan rata-rata keterampilan komunikasi siswa pada penulisan laporan diperoleh kategori baik rata-rata 69,26%. . Kata kunci: kemampuan psikomotorik, metode praktikum, kelarutan dan hasil kali kelarutan. Abstract. The purpose of this research is to describe the students’ psychomotor abilities of eleventh grade students of science class of MAN Mempawah senior high school on solubility and solubility product practical, the ability of using tools and communication skills. The method used in this research is descriptive method and there are 24 students of science class of MAN Mempawah senior high school involved in this research. The psychomotor ability to described is the ability to use the tools and students communication. The tools of data collecting used in this research are psychomotor ability observation sheet, interview and practical result report. Based on the data obtained, the average ability of students’ psychomotor ability on the use of tools is categorized as good with the value of 61.57% and the average of communication skill of the students on writing report is categorized as good with the value of 69.26%. Keyword: psychomotor ability, practical method, solubility and solubility product.