PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Main Authors: | F34210222, Kenutus, ., Rosnita, AH, Maridjo |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1487 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1487/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang peningkatan aktivitas pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan metode demontrasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang disajikan dalam bentuk penelitian tindakan kelas, yang dalam pelaksanaannya berkolaborasi dengan guru kelas. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas IV yang berjumlah 12 orang. Penelitian ini dilakukan dengan 3 siklus, tahapan siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan angket kepuasan siswa. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan bahwa rata-rata tingkat aktivitas pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siklus I diperoleh 54,17%, pada siklus II 70,83%, dan pada siklus III 81,26% maka terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus III sebesar 27,09%. Simpulannya adalah bahwa keterampilan guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran memberikan respon positif. Sarannya, proses pembelajaran yang dirancang harus dapat melibatkan siswa secara aktif, baik fisik,mental,maupun emosionalnya. Kata kunci : Peningkatan Aktivitas Pembelajaran, Metode Demonstrasi. Abstraction : This Research aim to to obtain;get information about make-up of activity study of Natural Sciences by using method of demontrasi. This research use descriptive method which presented in the form of research of class action, which in its execution [of] berkolaborasi with class teacher. Subjek in this research [of] class student of IV amounting to 12 people. This research [is] [done/conducted] by 3 cycle, cycle step consist of planning, execution, perception, refleksi. Data collector which [is] used in this research [is] observation sheet and enquette satisfaction of student. Result of research of menunjukan of[is existence of the make-up of that mean mount activity study of Natural Sciences [at] cycle of I obtained [by] 54,17%, [at] cycle of II 70,83%, and [at] cycle of III 81,26% hence happened the make-up of from cycle of I to cycle of III equal to 27,09%. Its [of] him [is] that skill of teacher in designing and executing study give positive respon. Its suggestion, designed study process have to earn to entangle student actively, goodness of fisik,mental,maupun emotional [of] him. Keyword : Make-Up Of Activity Study, Method Demonstration