PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XII IPS SMAN 9 PONTIANAK
Main Authors: | Safitri, Rahma, Purwaningsih, Endang, Syahrudin, Husni |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/14652 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/14652/13010 |
Daftar Isi:
- Abstrak: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa kelas XII IPS SMA Negeri 9 Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian studi hubungan. Sampel atau populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tidak langsung dan teknik studi dokumenter. Sedangkan untuk menganalisis datanya peneliti menggunakan program statistik SPSS versi 16.0. dengan menggunakan SPSS ini maka diperoleh hasil analisis data yang menyatakan terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar ekonomi siswa sebesar sebesar 0,581 (R) dengan R Square 0,337 yang dideterminasikan dengan rumus KD = R2 x 100% (KD = 0,337 x 100%) menjadi 33,7%, sedangkan 66,3% nya dipengaruhi faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dan dalam penelitian ini terdapat tingkat hubungan rendah. Kata Kunci : Kecerdasan Emosional Hasil Belajar Abstract: This study aims to determine the effect of Emotional Intelligence Against Student Learning Outcomes Economy class XII IPS SMAN 9 Pontianak. The method used in this research is descriptive method with the form of research studies the relationship. Sample or population in this study were all students of class XII IPS. Data collection techniques in this study using indirect techniques and techniques of documentary studies. While the researchers to analyze the data using SPSS version 16.0. SPSS is the result of data analysis which states there is the influence of emotional intelligence on learning outcomes of economics students for at .581 (R) with R Square 0.337 which dideterminasikan the formula KD = R2 x 100% (KD = 0.337 x 100%) to 33.7%, while 66.3% are influenced by other factors not discussed in this study. And in this study there is a low correlation level. Keywords: Emotional Intelligence, Learning Outcomes