PENINGKATAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA MELALUI MEDIA GAMBAR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
Main Authors: | Sukma, Indra, ., Fadillah, ., Yuline |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/14615 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/14615/12986 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi dari beberapa anak yang masih belum mengenal kata “unggas”, “serangga”, “melata”, “rekreasi”, dan kemampuan anak dalam berbahasa belum berkembang secara maksimal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan bentuk penelitian adalah Tindakan Kelas, yang terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II, menggunakan teknik observasi dan wawancara dengan alat pengumpul data berupa lembar observasi. Berdasarkan dari hasil penelitian ini, beberapa saran yang diperkirakan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran kosakata Bahasa Indonesia bagi anak.(1). Sebagai guru TK diharapkan dapat meningkatkan kosakata Bahasa Indonesia pada anak yang dikategorikan belum mencapai tingkat perkembangan. (2). Penggunaan media gambar perlu guru laksanakan dalam peningkatan kosakata Bahasa Indonesia anak. (3).Sebagai guru harus lebih kreatif dalam menggunakan media, karena dengan menggunakan media anak akan termotivasi dan merasa senang. Kata Kunci: Peningkatan Kosakata Bahasa Indonesia, Media Gambar Abstract: This research is motivated from some children who still do not know the word “ Fowl, insect, slither, recreation, and a child’s ability to speak has not developed to the fullest. The research method used is descriptive method and form of research is a class act, which consists of a I cycle of II cycle, using techniquest of observation and interviews with a data collector in the form of observation sheets. Based on the results of this study, some suggestions that can be expected to improve the quality of Indonesian vocabulary learning for children.(1). As a kindergarten teacher is expected to increase vocabulary Indonesian categorized yet reached the level of development. (2). Use of media carried pictures need teachers in improving children’s vocabulary Indonesian. (3). As teachers to be more creative in using media, because the media use the child will be motivated and feel good. Keywords: Improved vocabulary Indonesian, Media images.