PENINGKATAN PERILAKU SOSIAL MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA
Main Authors: | Corry, Margaretha, ., M. Syukri, ., Yuline |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/14602 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/14602/12975 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan perilaku sosial melalui metode bermain peran pada anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Putussibau. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian satu guru dan anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 18 orang. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tingkat persentase aktivitas peningkatan perilaku sosial, yakni anak dapat anak dapat bekerja sama dalam bermain peran sebesar 89%, anak bersedia berbagi dalam bermain peran sebesar 83 %, dan anak dapat menyesuaikan diri dengan tuntutan sosial dalam bermain peran sebesar 89%. Ketiga indikator menunjukkan kriteria sangat tinggi karena memiliki rata-rata 87%. Kata kunci: peningkatan perilaku sosial, bermain peran Abstract : This study aimed to describe the increase in social behavior through methods play a role in children aged 5-6 years in kindergarten Putussibau Pembina State . Forms of this research is classroom action research using descriptive method . The research subject of the teachers and children aged 5-6 years , amounting to 18 people . The results of data analysis showed that the percentage level of activity increase in social behavior , the child can be a child can work together to play a role by 89 % , children are willing to share in playing the role of 83% , and children can adapt to the demands of social role playing by 89 % , The third indicator shows the very high criteria because it has an average of 87 % . Keywords : increased social behavior , role play