PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DI KELAS III SDN 01 SUNGAI RAYA KEPULAUAN
Main Authors: | F34209558, Bundiana, ., Abdussamad, ., Sugiyono |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1460 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1460/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak : kegiatan pembelajaran IPA di kelas III SDN 01 Sungai Raya Kepulauan didapati proses pembelajaran yang dirancang oleh guru masih bersifat konvensional, penggunaan pendekatan serta metode pembelajaran yang kurang tepat sering menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Sehubungan dengan fenomena itu, maka perlu dilakukan penelitian tentang Penerapan Pendekatan Keterampilan proses pada pembelajaran IPA di kelas III SDN 01 Sungai Raya Kepulauan.. Adapun hasil yang diperoleh dari evaluasi pembelajaran IPA melalui pendekatan keterampilan proses pada setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I tingkat keberhasilan yang dicapai 58,57%. Pada siklus II tingkat keberhasilan yang dicapai 72,86%. Hal ini menunjukan bahwa pembelajaran IPA di kelas III SDN 01 Sungai Raya Kepulauan melalui pendekatan proses dapat meningkat dan perlu diterapkan sebagai suatu pembelajaran yang baik, yang dapat mengaktifkan kemampuan siswa. perencanaan pembelajaran yang disusun pada setiap tahap siklus telah sesuai dengan kriteria dalam menyusun rencana pembelajaran yang baik. Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Pembelajaran IPA, Pendekatan Keterampilan proses Abstract: science learning activities in class III SDN 01 Sungai Raya Kepulaan found that the learning process is designed by the teacher still is conventional, as well as the use of a less appropriate learning methods often lead to lower student learning outcomes. In connection with this phenomenon, it is necessary to research on the application of the approach to learning science process skills in the third grade at SDN 01 Sungai Raya Kepulauan. The results obtained from the evaluation of learning science process skills approach in each cycle increase. In the first cycle success rate reached 58.57%. In the second cycle success rate reached 72.86%. This shows that learning science in grade III SDN 01 Sungai Raya Kepulauan through a process approach can be improved and should be implemented as a good learning, which can activate students' abilities. learning plan drawn up at each stage of the cycle in accordance with the criteria in preparing lesson plans that have included a good one). Keywords: Learning activities, learning science, process skills approach