IMPLEMENTASI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN DISPOSISI MATEMATIS
Main Authors: | Pratiwi, Rahayu, Mirza, Ade, ., Hamdani |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/14358 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/14358/12823 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap peningkatan hasil belajar dan disposisi matematis siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan rancangan penelitian one group pretest-posttest dengan subjeknya adalah 37 siswa kelas VII C di SMP Negeri 2 Pontianak tahun ajaran 2015/2016. Instrumen yang digunakan adalah tes essay untuk mengukur hasil belajar dan angket untuk mengukur disposisi matematis siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan pendidikan matematika realistik berpengaruh terhadap hasil belajar dengan Effect Size 4,55 berkategori tinggi dan disposisi matematis dengan Effect Size 0,93 berkategori tinggi. Kata kunci: pendidikan matematika realistik, hasil belajar, disposisi matematis Abstrack: The aim of this study is to determine the effect of learning with realistic mathematics education approach to increase the learning achievement and student’s mathematical disposition in SMPN 2 Pontianak. The research methods is using pre-experimental with one group pretest-posttest design with it’s subject is 37 students from class VII C in SMPN 2 Pontianak 2015/2016 academic year. The instrument was used is essay test to measure of learning achievement and questionnaire to measure of student’s mathematical disposition. The results of data analysis showed that learning with realistic mathematics education approach has effect on the learning achievement with Effect Size 4,55 high category and mathematical disposition with Effect Size 0,93 high category. Keywords: realistic mathematics education, achievement, mathematical disposition