RESPON SISWA TERHADAP FILM ANIMASI ZAT ADITIF

Main Authors: Faryanti, Hasana, Panjaitan, Ruqiah Ganda Putri, ,, Yokhebed
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2016
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/14225
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/14225/12719
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap film animasi zat aditif. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan 6 tahap. Tahap 1 potensi dan masalah, tahap 2 pengumpulan data, tahap 3 desain produk, tahap 4 validasi desain, tahap 5 revisi desain dan tahap 6 uji coba produk. Film animasi di uji kelayakannya terlebih dahulu oleh 3 orang ahli media dan 5 orang ahli materi. Respon siswa diambil sebanyak 30 orang siswa kelas VIII yang berasal dari 3 SMP/MTs yang ada di wilayah Pontianak Tenggara menggunakan angket. Angket respon terdiri atas 5 indikator yaitu format, relevansi, perhatian, kepuasan, dan percaya diri. Hasil respon siswa terhadap film animasi adalah sangat positif dengan persentase sebesar 91,9%. Kata kunci : Respon Siswa, Film Animasi, Zat Aditif. Abstract: This study aims to determine students' response to the animated film additives. Method of this research was Research and Development (R&D) with 6 phases. Phase 1 potentials and problems, phase 2 data collection, phase 3 product designs, phase 4 design validations, phase design revisions, and phase 6 product trials. The animated film in the feasibility test in advance by 3 media experts and 5 material experts. Student response is taken as many as 30 students for 8th grade students of SMP/MTs in Southeast Pontianak region using a questionnaire. Questionnaire responses comprised of five indicators that format, relevance, attention, satisfaction, and confidence. Students' response to the animated film is very positive with a percentage of 91.9%. Keywords: Students' Response, Animated Film, Additives.