PENGARUH MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA DI SMP
Main Authors: | Lestari, Cici, Melati, Husna Amalya, Hadi, Lukman |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/14072 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/14072/12599 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar antara siswa yang diajarkan menggunakan model Sains Teknologi Masyarakat dengan siswa yang diajarkan menggunakan model konvensional serta besarnya pengaruh pembelajaran model Sains Teknologi Masyarakat terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jawai. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan “Nonequivalent Control Group Design”. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIA sebagai kelas kontrol dan kelas VIIB sebagai kelas eksperimen. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar antara siswa yang diajarkan menggunakan model Sains Teknologi Masyarakat dengan siswa yang diajarkan menggunakan model konvensional diperoleh nilai p < 0,05 masing-masing sebesar 0,000 dan 0,045. Perhitungan effect size diperoleh 0,60 (sedang) yang menunjukkan bahwa penggunaan model Sains Teknologi Masyarakat memberikan pengaruh sebesar 22,58% terhadap peningkatan hasil belajar. Kata Kunci: Model Sains Teknologi Masyarakat, Motivasi Abstract: This research aims was to determine the differences of motivation and learning outcomes between students who were taught use Science Thecnology Society models with students who were taught use conventional models as well as the influence of Science Thecnology Society model with learning outcomes in class VII SMP Negeri 1 Jawai. The method used in this is quasi-experimental with “Nonequivalent Control Group Design”. The research samples were students in grade VIIA as control class and grade VIIB as experiment class. The result of data analysis showed that are differences in motivation and learning outcomes between students who were taught use Science Thecnology Society models with students who were taught use conventional models value earned was p-value < 0.05 respectively 0,000 and 0,045. Effect size calculation value earned was 0,06 (medium) Science Thecnology Society models gave 22.58% effect on increased student learning outcomes. Keywords: Science Thecnology Society Model, Motivation