IDENTIFIKASI KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DITAMAN KANAK-KANAK GEMBALA BAIK KOTA PONTIANAK

Main Authors: Merry, Adriana, Ali, Muhamad, ., Halida
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2016
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/14011
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/14011/12550
Daftar Isi:
  • Abstrak : Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan identifikasi kecerdasan emosional anak usia5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Gembala Baik Kota Potianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi dengan alat pengumpulan data yaitu panduan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa untuk mengenal emosi diri banyak anak sudah dapat mengenal emosi, mengelola emosi diri banyak anak yang belum bisa mengelola emosi diri, memotivasi diri banyak anak yang belum bisa memotivasi dirinya, mengenali emosi orang lain banyak anak yang sudah bisa bersikap empati dengan temannya, dan untuk membina hubungan dengan orang lain banyak anak yang bisa membina hubungan baik dengan orang lain. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional Anak, Anak Usia Dini 5-6 Tahun Abstract: This study aims to describe the identification of emotional intelligence of children aged 5-6 years in kindergarten Potianak City of Good Shepherd. The method used in this research is descriptive and qualitative approach. The technique used in this study is observation, interview, documentation by means of data collection is interview, observation and documentation. The result showed that to recognize emotions many children are able to recognize emotions, manage emotions many children who can not manage the emotions themselves, motivate themselves many children who can not motivate himself, recognizing emotions in others many children who can empathize with his friend, and to build relationships with other people a lot of children that can foster good relationships with others. Keywords: Emotional Intelligence Children, Early Childhood 5-6 Years