PENINGKATAN MINAT MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE PERMAINAN KOMPETISI KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 30 INTI I PIRSUS I PARINDU SANGGAU
Main Authors: | F34210219, Jubaidah, ., Rosnita, AH, Maridjo |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1401 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1401/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak : Judul penelitian ini adalah : Peningkatan Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Permainan Kompetisi Kelas II Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah : Diskriptif dengan bentuk penelitian survai. Subjek penelitian adalah 12 orang siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 30 Inti I Pirsus I Parindu Sanggau, yang merasa kurang berminat pada pembelajaran matematika. Hasil analisis data menunjukkan bahwa setelah mengikuti pembelajaran matematika, setiap aspek penelitian mendapat peningkatan minat perhatian dari base line 35,33% ke siklus 3; 80,78% dengan kategori tinggi meningkat sebesar 45,36%. Peningkatan minat ketertarikan dari base line 35,33% ke siklus 3; 77,77% dengan kategori tinggi meningkat sebesar 44,44%. Peningkatan minat kemauan dari base line 35,33% ke siklus 3; 83,33% dengan kategori sangat tinggi meningkat sebesar 47,97%. Dan peningkatan rata-rata seluruh aspek yaitu: aspek minat penelitian, minat ketertarikan dan minat kemauan dari base line 35,42% ke siklus 3; 80,78% dengan kategori tinggi meningkat sebesar 45,36%. Kata Kunci : Minat Siswa, Metode Permainan Kompetisi. Abstract: The title of this study is: "Students Against Increased Interest Mathematics Learning Method Using Games Competition Class II Elementary School". The research method used is: descriptive survey research form. The research subjects were 12 students of class II Elementary School 30 Core I Pirsus I Parindu Sanggau, who was less interested in learning mathematics. The results of data analysis showed that after participating in the learning of mathematics, every aspect of the study received increased attention from the base line interest 35.33% to cycle 3; 80.78% with the high category increased by 45.36%. Increased interest in the interest of the base line to cycle 3 35.33%; 77.77% with the high category increased by 44.44%. Increased interest in the will of the base line to cycle 3 35.33%; 83.33% with very high category increased by 47.97%. And an average increase of around aspects: aspects of research interest, interest interest interest and willingness of the base line to cycle 3 35.42%; 80.78% with the high category increased by 45.36%. Keywords : Student Interests, Method Games Competition.