PENGARUH TGT BERBANTUAN TTS TERHADAP HASIL BELAJAR SUBMATERI PLANTAE KELAS VII SMPN 3 SUNGAI RAYA

Main Authors: Nini, Paskarada, Hardigaluh, Basuki, ,, Titin
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2016
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/14000
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/14000/12539
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model TGT berbantuan TTS pada submateri plantae kelas VII SMPN 3 Sungai Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy Experimental Design, dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Grup Design.Sampel penelitian adalah kelas VII B (kelas eksperimen) dan kelas VII A (kelas kontrol) tahun ajaran 2015/2016. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda berjumlah 20 soal. Hasil analisis menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model TGT berbantuan TTS sebesar 13,7dan rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional sebesar 10,4. Dari uji U Mann-Whitney, diperoleh Zhitung< -Ztabel yaitu -3,57< -1,96. Nilai Effect Size (ES)yang diperoleh sebesar 0,9 termasuk kategori tinggi dan memberikan kontribusi sebesar 31,59%, maka model TGT berbantuan TTS berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada submateri plantae kelas VII SMPN 3 Sungai Raya. Kata kunci: Model TGT, TTS, Submateri Plantae.Abstract:This research aims to determine the effect of TGT model aided TTS on submaterial plantae class VII SMPN 3 Sungai Raya. The method used is a form of research Quasy Experimental Design,the research design is Nonequivalent Control Group Design. Samples are class VII B ( experimentalgroup) and class VII A (control group) the school year 2015/2016. Instruments used in the form ofmultiple choice tests amounted to 20 questions.The analysis showed average results of student learning using TGT model aided TTS amounted to 13,7 and the average student learning out comes are taught using conventional teaching of 10.4.From the UMann - Whitney test,obtained Zcount< -Ztable ie -3,57<-1,96. Values ​​obtained Effect Size (ES) of 0,9 were high and accounted for 31,59 %, then the model aided TGT TTS positive effect on student learning outcomes in submaterial Plantae class VII SMPN 3 Sungai RayaKeywords : Model TGT, TTS, Submaterial Plantae.