PENGARUH REMEDIASI BERBENTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN VERBAL TERHADAP PENURUNAN MISKONSEPSI TEORI KINETIK GAS DI SMA

Main Authors: ., Vegisari, Sutrisno, Leo, Tiur Maria S, Haratua
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2016
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13992
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13992/12530
Daftar Isi:
  • Abstrak : Mengetahui pengaruh remediasi berbentuk peningkatan kemampuan verbal terhadap penurunan miskonsepsi yang dialami siswa pada teori kinetik gas menjadi tujuan dalam penelitian Pre-Experimental Design dengan rancangan One Group Pretest-Posttest ini. Dua variabel yaitu peningkatan kemampuan verbal dan penurunan miskonsepsi siswa diuji korelasinya. Tes diagnostik berbentuk uraian sebanyak enam soal pada pre-test dan post-test diberikan kepada dua puluh tiga siswa kelas XII SMA Negeri 1 Pontianak dalam penelitian ini. Ditemukan bahwa terdapat hubungan yang kecil antara kedua variabel dengan koefisien korelasi antara peningkatan kemampuan verbal dan penurunan miskonsepsi sebesar 0,296 dan memiliki Effect Size sebesar 0,015. Penelitian ini menunjukkan bahwa miskonsepsi yang dialami siswa dapat dipengaruhi oleh kemampuan verbal. Kata kunci : Remediasi, Kemampuan Verbal, Teori Kinetik Gas. Abstract : Determine the effect of remediation in the form of an increase in verbal ability to decrease students misconceptions on the kinetic theory of gases into was the objectives of this one group pretest-posttest Pre-Experimental Design research. Coeficient correlation of student’s verbal skills and student’s misconceptions were calculated. Diagnostic test which consists of six questions on the pre-test and post-test was administrated among 23 of 12th grade students senior secondary participated in this study. The results indicate that there is correlation between the two variables (r = 0.296) and has a low Effect Size (0.015). This study shows that misconception experienced by students can be influenced by verbal abilities of the students.Keyword : Remediation, Verbal Ability, Kinetic Theory of Gases