PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI ADMINISTRATOR DALAM NENINGKATKAN EFEKTIVITAS LAYANAN ADMINISTRASI DI SMP SANTU PETRUS PONTIANAK

Main Authors: Saleh, Rudy, Suib, Masluyah, Sinju, Herculanus
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2016
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13982
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13982/12529
Daftar Isi:
  • Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran empirik tentang peranan kepala sekolah SMP Santu Petrus Pontianak dalam meningkatkan efektivitas layanan administrasi di SMP tersebut. Metode Penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan studi kasus (case study). Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi serta analisis dengan cara reduksi, penyajian data, dan membuat kesimpulan. Pengujian reliabilitas data dilakukan dengan memperpanjang masa pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, bahan referensi dan mengadakan member check. Hasil penelitian ditemukan bahwa kepala sekolah sebagai administrator telah menjalankan perannya: (1) membuat perencanaan layanan administrasi dengan melibatkan dewan guru; (2) Melaksanakan secara konsisten perencanaan layanan administrasi yang telah disusunnya; (3) Melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan perencanaan layanan administrasi melalui rapat dewan guru sepanjang tahun berjalan efektif; melalui supervisi dan monitoring; (4) Mengubah kesulitan menjadi tantangan dan kemudahan menjadi tanggungjawab. Kata Kunci: administrator, efektivitas, layanan administrasi. Abstract: The purpose of this study is to determine the empirical description for the role of the principal of Santu Petrus Junior High School Pontianak in improving the effectiveness of services in the administration of the school in question. The Methods of this study is a qualitative case study approach (case study). Data were collected through interviews, observation and documentation and analysis by means of reduction, data presentation, and conclusion drawing. Testing the reliability of the data is done by extending the observation period, increasing persistence, triangulation, reference materials and conduct member checks. The results of the study found that the principal has to perform its role as an administrator: (1) a plan for administrative services with the involvement of the board of teachers; (2) Implement consistently the plans of administration services that the banks have made​​; (3) To evaluate the implementation of the plans of administration services through board meetings throughout the year ; through supervision and monitoring; (4) Change the difficulty to the challenge and the responsibility of ease. Keywords: administrator, effectiveness, administration services.