PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS I A SEKOLAH DASAR SWASTA ERNA
Main Authors: | Adri, Elprida, AH, Maridjo, ., Rosnita |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1395 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1395/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak: Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas pembelajaran Matematika pada siswa Kelas I A Sekolah Dasar Swasta Erna Sanggau, ini disebabkan metode pembelajaran yang digunakan belum tepat. Pemecahan masalah dalam penelitian ini adalah peneliti dan rekan sejawat bekerja sama merencanakan, menyajikan, dan mengevaluasi pembelajaran dengan metode demonstrasi. Metode penelitian yang digunakan deskriptif, sifat penelitian kualitatif dan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I A yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung dan komunikasi tidak langsung. Alat pengumpul datanya adalah lembar observasi. Penelitian dilakukan sebanyak 3 siklus. Hasil perhitungan menunjukkan terdapat peningkatan jika dilihat dari base line sampai siklus 3. Aktivitas Fisik sebesar 58,58% dengan kategori sedang, untuk Aktivitas Mental meningkat sebesar 54,35% dengan kategori sedang, dan Aktivitas Emosional meningkat sebesar 52,08% dengan kategori sedang. Dari data tersebut disimpulkan bahwa penggunaan Metode Demonstrasi dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan Aktivitas Pembelajaran. Disarankan hendaknya guru menciptakan suasana pembelajaran yang merangsang aktivitas siswa agar pembelajaran jadi lebih bermakna. Kata Kunci: Peningkatan Aktivitas Pembelajaran, Metode Demonstrasi, Matematika Sekolah Dasar Abstract: The problem in this study is the low activity of learning mathematics in students blistered IA Erna Sanggau Private Primary School, is due to the teaching methods use is not right. Problem solving in this study is researcher and colleagues work together to plan, present, and evaluate learning by demonstration methods. The method of research used descriptive qualitative research the nature and type of research is Classroom Action Research (CAR), which in its implementation in collaboration with colleagues. The subjects in this study were students of class IA totaling 36 students. Data collection techniques in this study is the observation of direct and indirect communication. While the data collection tool used in this study was the observation sheet. The research was conducted for 3 cycles. The calculations show that increased physical activity is to be found in mathematics learning demonstration method in class IA Erna Sanggau Private Elementary School, from baseline 25.44% to 84.02% 3 cycles increased by 58.58% to the medium category. There is an increase in mental activity from baseline 26.20% to 80.55% 3 cycles increased by 54.35% with moderate category. From these data it is concluded that the use of demonstration method in teaching Mathematics to enhance learning activities. Suggested teachers should create a learning environment that stimulates learning activity of students to be more meaningful.There is an increased emotional activity from baseline 33.33% to 85.41% 3 cycles increased by 52.08% to the medium category. Keywords: Increased activity of learning, methods of demonstration, Elementary School Math