PENINGKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF MELALUI PENGGUNAAN PUZZLE PADA ANAK TK

Main Authors: Metriani, ., Endang, Busri, ., Halida
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2016
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13937
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13937/12482
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak dengan menggunakan puzzle. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sampel penelitian ini adalah 34 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran yang tertuang dalam RKH dengan menggunakan puzzle untuk peningkatan perkembangan kognitif anak TK seperti dalam IPKG 1 Siklus 1 diperoleh nilai rata-rata 3 dan IPKG 1 Siklus 2 diperoleh nilai rata-rata 4. Hal ini menunjukkan bahwa guru dapat merancang perbaikan perencanaan pembelajaran, dan melakukan proses pembelajaran dengan baik sehingga perbaikan pada siklus 2 dapat terlaksana dengan baik. Sedangkan dalam tahap langkah-langkah pembelajaran siklus 1 diperoleh nilai rata-rata 3 dan siklus 2 diperoleh nilai rata-rata 3,5 artinya guru dapat melaksanakan pem-belajaran dengan kategori baik. Kata kunci: Perkembangan kognitif, Puzzle Abstract: This study aims to improve children's cognitive development by using a puzzle. The method used in this research is descriptive method. The sample was 34 children. The results showed that the learning plan contained in RKH by using a puzzle to increase cognitive development of children in kindergartens as in IPKG 1 Cycle 1 obtained by the average value of 3 and IPKG 1 Cycle 2 obtained by the average value of 4. This suggests that teachers can design improvement of the learning plan, and make the learning process so well that improvements in cycle 2 can be done well. While in the stage of learning steps first cycle obtained average value of 3 and 2 cycles obtained average value of 3.5 means that teachers can carry out the study with either category. Keywords : Cognitive development, Puzzle