PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMAHAMI BACAAN MENGGUNAKAN METODE CIRC TEKS ULASAN FILM DI SMA

Main Authors: Rachmawati, Endah, Heryana, Nanang, ., Syambasril
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2016
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13923
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13923/12472
Daftar Isi:
  • Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan memahami bacaan dengan menggunakan metode CIRC dalam teks ulasan film dan mengetahui hasil pembelajaran membaca teks ulasan film pada siswa kelas XI SMA Mujahidin Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan bentuk penelitian secara kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dengan guru bersangkutan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pelaksanaan tindakan kelas meningkat dari metode pembelajaran CIRC memberikan kemudahan dalam berdiskusi dengan kelompok. Siswa lebih aktif dan kreatif selama dalam kegiatan membaca, mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan, serta lebih antusias dalam mengungkapkan pendapat yang dimiliki. Penelitian dilakukan dua siklus terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti dan penutup terlaksana sesuai yang dirancang oleh peneliti dan guru. Kata Kunci : Teks Ulasan Film, Metode CIRC. Abstract: This study aims to improve reading comprehension skills by using the CIRC in the text of a movie review and find out the results of learning to read the text of a movie review in class XI Senior High School Mujahidin Pontianak. The method used is descriptive qualitative forms of research. Data collected through observation, interviews with the teachers concerned. The results of the analysis of the data reveals that the rise of a class action learning methods CIRC provides convenience in discussion with the group. Students are more active and creative during the reading, asking questions and answering questions, and more enthusiastic in expressing opinions held. The study was conducted in two cycles consist of preliminary activities, the core and the project on its cover designed by researchers and teachers. Keys Word : The Text Reviews The Film, Method CIRC