TEACHING STUDENTS’ WORDS MASTERY USING JUMBLED LETTER AND PICTURES
Main Authors: | Herawati, Metty, Bunau, Eusabinus, Rosnija, Eni |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13916 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13916/12467 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Sebagian besar dari siswa kelas 4 Madrasah Asysyamsiyah Pontianak tidak bias mengucapkan kata dengan baik dan tidak mengetahui arti dari kata tersebut. Oleh karena itu, penerapan teknik Jumbled Letter dan Pictures akan membantu mereka dalam mengucapkan kata dengan lafal yang benar dan memudahkan mereka dalam mengingat arti kata-kata tersebut. Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang diterapkan pada 36 siswa kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Asysyamsiyah Pontianak. Pengumpulan datanya melalui test tertulis seperti pilihan ganda, isian dan catatan selama pengamatan. Hasil pada siklus pertama sangat tidakmemuaskan yaitu 52,97, sedangkan pada siklus kedua hasil nya sangat memuaskan yaitu 69,61. Kata kunci: Pengucapan, teknik Jumbled Letter and Pictures, mengetahui arti dari kata Abstract: Most of fourth grade students MI Asysyamsiyah could not pronoun and did not know the meaning of the words. Therefore, Jumbled letter and Pictures techniques was applied to improve students’ pronunciation and help them to memorize the meaning of the words. This study was conducted by applying classroom action research on the 36 students of the fourth grade of MI Asysyamsiyah Pontianak. The tool of data collecting was an essay test, multiple choice, and field notes. The result of the study was that the students’ progress during teaching and learning activity in Cycle 1 and Cycle 2. In Cycle 1 mean score was 52, 97, and in Cycle 2 the students’ improved significantly become 69, 61. Keywords: Pronunciation, Jumbled Letter and Pictures techniques, understand the meaning of the words