PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ABACUS PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI NO 52 TOKANG SEKAYAM
Main Authors: | Rosita, Ais, Kresnadi, Hery, Yusmin, Edi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1391 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1391/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak: Judul penelitian ini adalah Peningkatan Aktivitas Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Abacus Di SD.Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan aktivitas pembelajaran matematika dengan digunakannya media abacus di kelas IV SDN No 52 Tokang Sekayam Sanggau pada bilangan ribuan.Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas.Subjek penelitian adalah 9 orang siswa yang mengalami kesulitan dalam menentukan nilai tempat.Terdapat peningkatan dari baseline ke siklus I dan siklus II.Hasil analisis data menunjukkan bahwa setelah menggunakan abacus, setiap subjek penelitian mendapat nilai di atas standar KKM (60). Kata kunci: Aktivitas Pembelajaran, Media Abacus Abstract: The title of this research is "Improving Mathematics Learning Activity Using Abacus Media in the Elementary School. This study aims to determine the increase in activity of learning mathematics with the abacus media used in class IV Elementary School No. 52 Tokang Sekayam Sanggau in number of thousands of. The method used was Classroom Action Research. Research subjects are 9 students who have difficulty in determining the value of the place. There is an increase from baseline to the first cycle and the second cycle. The results of data analysis showed that after using the abacus, each subject study scored above the standard KKM (60). Key Words: Learning Activity, Abacus Media