PENINGKATAN KETERAMPILAN BERDISKUSI MENGGUNAKAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA SISWA SMP NEGERI 5 KUBU
Main Authors: | Hardianti, Siti, Heryana, Nanang, ., Syambasril |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13882 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13882/12440 |
Daftar Isi:
- keterampilan berdiskusi menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization pada siswa kelas VIII A SMP negeri 5 Kubu”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan tiga siklus yang terdiri dari penguasaan terhadap kesesuaian isi, penggunaan lafal, intonasi, diksi, dan kalimat dalam berdiskusi pada setiap siklusnya. Hasil penelitian siklus I dalam penguasaan terhadap kesesuaian isi, penggunaan lafal, intonasi, diksi, dan kalimat mencapai rata-rata 51,3. Pada siklus II hasil kerja siswa mencapai rata-rata 66,7. Sedangkan pada siklus III mencapai 83,4. Hasil ini sudah sesuai dengan yang diharapkan, karena sudah mencapai nilai ketuntasan minimal yaitu 75. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil pembelajaran berdiskusi menggunakan model pembelajaran TAI dapat ditingkatkan. Kata Kunci: Keterampilan Berdiskusi, Team Assisted Individualization Abstract: This research intead to describe “Enchancement of Discussions Skill Using The Learning Model Team Assisted Individualization in Class VIII A Junior High School 5 Kubu.” The method used in this research is descriptive method using classroom action research conducted by three cycles consisting of mastery of the appropriateness of content, the use of pronunciation, intonation, diction, and sentence in the discussions on each cycle. Results of the first cycle of research in the control of the conformity of the contents, the use of pronunciation, intonation, diction, and reached an average sentence of 51,3. In the second cycle the student's work reached an average of 66,7. While the third cycle reached 83,4. This result is as expected, because it has reached the minimum completeness value is 75. From these results it can be concluded that the discussion of learning outcomes using TAI learning model can be improved. Keywords: Discussing Skills, Team Assisted Individualization