PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGENALAN SAINS SEDERHANA MELALUI METODE DEMONSTRASI DI TK KRISTEN MARANATHA PONTIANAK UTARA

Main Authors: Damayanti, ., ., Fadillah, Yuniarni, Desni
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2016
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13813
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13813/12380
Daftar Isi:
  • Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pengenalan sains sederhana melalui metode demonstrasi di TK Kristen Maranatha Pontianak Utara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan langkah-langkah yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sedangkan alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang cukup berarti pada kemampuan pengenalan sains sederhana dengan menggunakan metode demonstrasi pada hasil penelitian. Peningkatan ini dilihat dari hasil belajar anak diantaranya kemampuan anak mengamati benda yang terapung dan tenggelam sebanyak 10 anak (50%) Berkembang Sesuai Harapan, sedangkan kemampuan anak menyebutkan benda yang terapung dan tenggelam sebanyak 14 anak (70%) Berkembang Sesuai Harapan, kemudian kemampuan anak mengelompokkan benda yang dapat terapung dan tenggelam sebanyak 18 anak (90%) Berkembang Sesuai Harapan. Dengan demikian pembelajaran melalui metode demonstrasi mampu meningkatkan kemampuan pengenalan sains sederhana di TK Kristen Maranatha Pontianak Utara. Kata kunci: Pengenalan Sains Sederhana, Metode Demonstrasi Abstract: The purpose of this research is to improve the ability of simple scientific recognition through demonstration method in kindergarten Maranatha North Pontianak. This research uses descriptive method of research is a form of class action (PTK) with the steps: planning, action, observation and reflection. While the data collection tool used in this study are guidelines for observation, interviews, and documentation. This increase is seen from the results of children's learning including the child's ability to observe objects floating and sinking as many as 10 children (50%) Developing accordance Hope, while the ability of the child mentioned objects floating and sinking as many as 14 children (70%) Developing accordance Hope, and then the ability of children grouping objects that could float and sink as many as 18 children (90%) Developing accordance Hope. Thus, learning through demonstration method is able to improve the introduction of simple science in kindergarten Maranatha North Pontianak. Keywords: Simple Introduction Science, Method Demonstration