PENINGKATAN PERILAKU SOPAN SANTUN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK PGRI KETAPANG
Main Authors: | Faridah, ., ., Fadillah, ., Halida |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13710 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13710/12293 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk peningkatan perilaku sopan santun melalui metode bermain peran pada anak usia 5-6 tahun dengan metode deskriptif. Secara umum dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran yang dilakukan guru antara lain: membuat RKH sesuai tema dan sub tema, memilih bahan main, menentukan hasil belajar. 2) Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru antara lain: a) Melaksanakan pijakan lingkungan, b) Melaksanakan pijakan sebelum main, c) Melakukan pijakan saat main, d) Melaksanakan pijakan setelah main. 3) Peningkatan perilaku sopan santun melalui metode bermain peran antara lain: anak terbiasa mengucapkan terima kasih, anak membiasakan diri sabar menunggu giliran, anak membiasakan diri untuk meminta izin. Kata Kunci: Perilaku Sopan Santun, Taman Kanak-kanak Abstract: The purpose of this research is to improve the behavior of manners through methods a role play in children aged 5-6 years with descriptive methods. In general it can be concluded that: 1) Planning of learning that teachers, among others: making RKH according to the theme and sub-themes, choose the main ingredient, determine learning outcomes. 2) Implementation of the learning that teachers, among others: a) Implement environmental footing, b) Implement a foothold before the play, c) Perform footing while playing, d) Implement a foothold after the play. 3) Improved behavior manners through methods a role play include: children are accustomed to say thank you, children get used to patiently wait their turn, the child to get used to ask for permission. Keywords: Behavior Manners, kindergarten