PENGARUH INTERAKSI EDUKATIF GURU DAN SISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI SMA
Main Authors: | Hati, Laras, Sastrawan, Agus, ., Rustiyarso |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13697 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13697/12286 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi edukatif guru dan siswa terhadap motivasi belajar Di SMA Negeri 01 Semparuk Kabupaten Sambas. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk survey. Jumlah populasi 241 dengan sampel penelitian sebanyak 150 siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penenlitian ini adalah teknik observasi langsung, teknik komunikasi tidak langsung dan dokumenter dengan alat pengumpul data berupa angket dan lembar catatan dari sekolah yang bersangkutan dan pengolahan data menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan komputer SPSS versi 18. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh interaksi edukatif guru dan siswa terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran sosiologi Di SMA Negeri 01 Semparuk Kabupaten Sambas sebesar 26,1% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Kata kunci : Interaksi Edukatif, Motivasi Belajar Abstract: This study aims to determine the effect of educational interaction of teachers and students' motivation to learn at SMA 01 Semparuk Sambas district. The method used is descriptive method with survey forms.. Total population of 241 with a sample of 150 students. The data collection techniques used in this research is the technique of direct observation, indirect communication techniques and documentaries with a data collector in the form of a questionnaire and sheet notes from the teacher concerned and data processing using simple linear regression analysis with the help of SPSS version 18. The results of the data analysis shows that there the effect of educational interaction of teachers and students motivation to learn on the subjects of sociology at SMAN 01 Semparuk Sambas district while the remaining 26.1% is influenced by other variables. Keywords: Interaction Educative, Learning Motivation