PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA GAMBAR
Main Authors: | Rupina, ., ., Purwanti, ., Yuline |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13586 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13586/12209 |
Daftar Isi:
- Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi tentang peningkatan kemampuan menyimak melalui metode bercerita dengan media gambar melalui perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran pada anak usia 5-6 tahun di TK Tunas Bangsa Sanggau Ledo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan bentuk penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus terhadap18 anak. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisa. Hasil penelitian diperoleh bahwa bercerita dengan media gambar dalam pembelajaran untuk meningkatan kemampuan menyimak, yang dilaksanakan dalam dua siklus, meningkat pada semua aspek yaitu, anak dapat menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita dan menjawab pertanyaan tentang isi cerita, terjadi peningkatan sebesar 86,57%. Ketercapaian tersebut tergolong sangat baik. Hal ini menunjukan bahwa bercerita dengan media gambar dapat meningkatkan kemampuan menyimak anak. Kata Kunci: Menyimak, Metode Bercerita, dan Media gambar Abstract: This study aims to find out information about inereasing listening skills throungh storyteling with media image through the planning and implementation of learning in children aged 5-6 years in kindergarten Tunas Bangsa Sanggau Ledo. This study used a qualitative descriptive method with the form of classroom action research conducted in two cyeles of the 18 children. The result showed that tell the media images in learning to improve listening skill, conducted in two cycles increased at an aspect that is, children can mention characters in the story and aswer questions about the story, an increase 86,57%. The achievement of a very good class. This shows that tell the media images can improve listening skills of children. Keywords: Listening, Storytelling, and Media Images.