UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE PRAKTIKUM BERBASIS NHT MATERI KOLOID SMA
Main Authors: | Diansari, Novita, Melati, Husna Amalya, Hadi, Lukman |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13528 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13528/12148 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Serasan pada materi koloid dengan menggunkan metode praktikum berbasis Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes hasil belajar. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Aktivitas siswa dikatakan meningkat apabila telah mencapai indikator keberhasilan ≥ 50% dan hasil belajar meningkat apabila mencapai indikator keberhasilan ≥ 70% setelah diterapkan metode praktikum berbasis Numbered Heads Together (NHT). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 41,10% dan siklus II sebesar 61,10%. Hasil belajar pada siklus I sebesar 53% dan siklus II sebesar 90%. Berdasarkan hasil penelitian bahwa metode praktikum berbasis NHT dapat dijadikan suatu alternatif dalam proses pembelajaran. Kata kunci : Aktivitas, Hasil belajar, Metode praktikum, NHT, Koloid Abstract: This research aims to improve the activity and learning outcomes of students of class XI IPA SMAN 1 Serasan the colloidal material by using practical methods based Numbered Heads Together (NHT). This research is a class act. The instrument used in this study is the observation sheet and test results of learning. This study consisted of two cycles with the number of students as many as 30 people. Each cycle consists of planning, action, observation, and reflection. Said to be increased if the student activity has achieved success indicator ≥ 50% and increased learning outcomes when achieving success indicator ≥ 70% after application of practical methods based Numbered Heads Together (NHT). The results showed an increase in the activities and student learning outcomes. Activity of students in the first cycle of 41.10% and 61.10% for the second cycle. Results of study on the first cycle by 53% and the second cycle by 90%. Based on the research that the lab-based methods can be used as an alternative NHT in the learning process. Keywords: Activities, Learning outcomes, Methods practicum, NHT, Colloids