PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI KURIKULUM 2013 PADA SISWA SMA KEMALA BHAYANGKARI KABUPATEN KUBU RAYA
Main Authors: | Wulandari, Yenny Maria, Sulissusiaw, Ahadi, ., Syambasril |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13427 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13427/12064 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah guru telah melaksanakan pembelajaran menulis teks eksplanasi berdasarkan rambu-rambu pada kurikulum 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Metode deskriptif yang dimaksud adalah untuk mendapat gambaran yang jelas mengenai pembelajaran menulis teks eksplanasi dari segi pelaksanaan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 yang dilakukan oleh guru dan peserta didik apakah sudah sesuai dengan rambu-rambu yang telah ditentukan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran (RPP) yang dirumuskan guru pada pertemuan pertama dan kedua dalam pembelajaran teks eksplanasi sudah mencerminkan pembelajaran berbasis Kurikulum 2013. Pelaksanaan pembelajaran pada pertemuan pertama dan kedua terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti dan penutup terlaksana sesuai rambu-rambu kurikulum 2013. Evaluasi yang dilakukan guru pada pertemuan pertama dan kedua telah memuat penilaian tiga ranah meliputi ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Kata Kunci: Menulis, Teks Eksplanasi, Kurikulum 2013 Abstract: The purpose of this research was to found out whether the teacher have done the instructional of curriculum 2013 well based on the rules of instructional curriculum 2013. The method applied in this research was a descriptive method. The descriptive method mean to get the clear point of view about teaching learning explanation text writing from the side of it implemantation based on curriculum 2013 which has been done by the teacher and the students whether it agree with the fringes which has fixed. The result of data analysis indicated that the instructional plan (Lesson plan/RPP) formulated by the teacher on first and second meeting in teaching explanation text used scientific approach with discovery learning as the method had reflected instructional based curriculum 2013. The evaluation which had been done by the teacher on first and second meeting had covered three domain assessment including attitude, knowledge and skills. Key Words: Writing, Explanation Text, Curriculum 2013