PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA SMP NEGERI 10 PONTIANAK TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Main Authors: | Rizawati, ., Sulissusiawan, Ahadi, ., Syambasri |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13169 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13169/11915 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis teks cerita pendek di SMP Negeri 10 Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan teknik perekaman. Hasil penelitian ini adalah (1) Pemilihan materi pembelajaran sudah tepat dan sesuai dengan tujuan pembelajaran sebagaimana yang sudah tercantum dalam RPP yang dibuat guru berdasarkan silabus. (2) Tahap penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran sudah sesuai lampiran IV Permendikbud No. 81A Tahun 2013 mengenai 5 kegiatan pokok belajar dalam Kurikulum 2013 (3) Tahap penerapan metode dalam pembelajaran masih perlu diaplikasikan secara tepat, khususnya dalam penyampaian keutuhan materi dan penyesuaian pertanyaan dari siswa yang dapat diselaraskan dengan penambahan media. Selanjutnya (4) Pada tahap penilaian proses dan penilaian hasil pembelajaran dalam menulis teks cerita pada siswa kelas VII SMP Negeri 10 Pontianak sudah sesuai dengan pedoman pengamatan penilaian Permendikbud, No. 66 tahun 2013, Bab II: 4-5 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Kata kunci: pembelajaran, menulis teks, teks cerita pendek Abstract: The purpose of the research is describing the implementation of learning writing short story text in SMP Negeri 10 Pontianak. The research is qualitative descriptive. Collecting tool technique which is used namely observation and technique recording. The result of this research is (1) choosing learning material is already properly and base on the purpose of the learning which has found in lesson plan according to syllabus. (2) implementation step of scientific approach in learning based on Permendikbud attachment for No. 81A Tahun 2013 about 5 learning core activities in 2013 curriculum, (3) application of the method step of learning still needs to be applied properly, especially in the delivery of the integrity of material and the adjustment of question from studens that can be harmonized with the addition of media for the sake of optimal utilization of the media. Next, (4) process assessment step and assessment result of learning of students of SMP Negeri 10 Pontianak class VII it has based on assessment observation guide Permendikbud attachment for No. 66 Tahun 2013, Chapter II: 4-5 about Education Assessment Standart. Keyword: learning, text writing, short story text.