PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE

Main Authors: Nanu, Henny Octavia Taem, Utami, Sri, ., Abdussamad
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2016
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13166
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13166/11913
Daftar Isi:
  • Abstrak: Tujuan penelitian ini secara umum untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar peserta didik dengan model kooperatif tipe think-pair-share dalam pembelajaran IPS di kelas V SDS Nur Ilahi Ketapang. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Terdapat peningkatan aktivitas belajar pada baseline yaitu 37,31 % meningkat menjadi 48,98% pada siklus I, pada Siklus II meningkat menjadi 63,56%, kemudian meningkat menjadi 78,84% pada siklus III. Selisih peningkatan dari siklus I ke Siklus II sebesar 14,58%, kemudian selisih peningkatan dari siklus II ke siklus III sebesar 15,28%. Dengan demikian skor rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I dikategorikan kurang aktif, siklus II dikategorikan cukup aktif dan pada siklus III di kategorikan aktif. Kata Kunci: Peningkatan, Aktivitas Abstract: The aim of this Study is generaly to know increase student learning activities in social teaching in class V elementary school Nur Ilahi Ketapang. The metode used is descriptive metode. There is increased activity at baseline study is 37,31% increased to 48,98% in the first cycle, in the second cycle, increased to 63,56%, and then increased to 78,84% in the third cycle. Difference improvement from the first cycle to the second cycle of 14,58%, then the difference increased from second cycle to third cycle of 15,28%. Thus the average of student learning activities in first cycle are categorized lower active, the second cycle are categorized enough active, and in the third cycle are categorized active.