PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA EMNGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DI SEKOLAH DASAR
Main Authors: | Pina, ., ., Rosnita, Hasjmy, Maridjo Abdul |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13165 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13165/11912 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Ilmu pengetahuan alam bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan tentang berbagai jenis kejadian lingkungan alam dan lingkungan buatan dalam kaitannya dengan pemanfaatan bagi kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu dalam pembelajaran IPA hendaknya mengacu pada hakikat IPA dan tujuan IPA. Dalam rangka melaksanakan proses belajar mengajar yang mengacu pada hakikat IPA dan tujuan IPA ternyata masih terdaat beberapa hambatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam tentang perubahan wujud benda di kelas IV Sekolah Dasar 09 Nanga Tayap, yaitu pada siklus I siswa yang mencapai kketuntasan belajar sebbanyak 8 oorang atau sebesar 44,4%. Pada siklus II meningkat menjadi 12 orang atau sebesar 66.7%, dan pada siklus III hasil belajar siswa semakin meningkat 16 oorang mencapa keruntasan belajar sehingga poesentase peningkatan hasil belajar siiswa sebesar 88,9%. Kata Kunci: hasil belajar, metode eksperimen, pembelajaran IPA Abstract: Natural science aims to provide sufficient knowledge about the different types of events natural environment and the built environment in relation to the use for everyday life. Therefore in science learning should refer to the nature of science and science objectives. In order to implement the learning process refers to the nature and purpose IPA IPA was still terdaat some obstacles. The results showed that the application of the experimental method can improve student learning outcomes in teaching natural science about changing states of matter in the fourth grade elementary school Nanga Tayap 09, ie in the first cycle of students who reach kketuntasan learn sebbanyak 8 oorang or 44.4%. In the second cycle increased to 12 people, or by 66.7%, and the third cycle student learning outcomes has increased 16 oorang mencapa keruntasan learn so poesentase learning outcomes siiswa increase of 88.9%. Keywords: learning outcomes, the experimental method, learning science