PENINGKATAN KEBERANIAN DALAM BERBICARA MENGGUNAKAN METODE SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH
Main Authors: | Mutakin, Imamal, Heryana, Nanang, ., Syambasril |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13149 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13149/11902 |
Daftar Isi:
- Abstrak. Penelitian ini difokuskan pada keterampilan berbicara, dengan tujuan untuk mendeskripsikan aktivitas, dan hasil pembelajaran keterampilan berbicara. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa kelas XI IPA. Data penelitian ini adalah aktivitas, dan hasil keterampilan berbicara siswa kelas XI IPA menggunakan metode sosiodrama. Alat pengumpulan data adalah peneliti sebagai instrumen kunci. Teknik analisis data yaitu mengorganisasikan, menjabarkan, menyusun, dan menarik simpulan. Berdasarkan analisis data, penerapan metode sosiodrama dapat meningkatkan keberanian berbicara siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa sebelum tindakan adalah 66,72. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 75,79, dan pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 82,72. Terjadi peningkatan sebesar 16 angka. Kata kunci: metode sosiodrama, keterampilan berbicara. Abstract. This study focused on speaking skills, with the aim to describe the activity, and speaking skills learning outcomes. The method used in this research is descriptive method with a form of qualitative research. The source of the data in this research were the Indonesian subject teachers and class XI IPA. This research data is the activity, and results of students' speaking skills class XI using sociodrama methods. The data collection tool is the researcher as the key instrument. The data analysis techniques that organize, describe, arrange, and draw conclusions. Based on data analysis, application of sociodramas method can improve students' courage to speak. It can be seen from the average score of students before action is 66.72. After the action on the first cycle students 'average score increased to 75.79, and the second cycle students' average score increased to 82.72. An increase of 16 points. Keywords: sociodrama method, speaking skill.