PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MENGGUNAKAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DI SEKOLAH DASAR

Main Authors: Taboen, Yohanes, ., Sugiyono, Uliyanti, Endang
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2016
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13147
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13147/11900
Daftar Isi:
  • Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan metode Kooperatif model Teams Games Tournament; serta mendeskripsikan kemampuan guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran IPA di kelas III Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas yang bersifat Kolaboratif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi langsung dan pengukuran, dengan analisis data digunakan rumus rata-rata. Hasil penelitian a) kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran pada siklus I sebesar 3,01 dan pada siklus II 3,38, hal ini terjadi peningkatan sebesar 0,37; b) kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran pada siklus I sebesar 3,01 dan pada siklus II sebesar 3,44, hal ini terjadi peningkatan sebesar 0,43; c) aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 46,33% dan pada siklus II sebesar 73,66%, hal ini terjadi peningkatan sebesar 27,33%. Kata Kunci: Peningkatan Aktivitas, Pembelajaran Kooperatif Abstract: The purpose of this research is to describe the improvement of student learning activities in science learning using models Cooperative Teams Games Tournament; and to describe the ability of teachers to plan and implement science teaching third grade primary school. The method used in this research is descriptive method in the form of classroom action research that is collaborative. The technique used in this study is the technique of direct observation and measurement, data analysis used by the average formula. The research concludes: a) the ability of teachers to plan learning in the first cycle of 3.01 and 3.38 in the second cycle, this is an increase of 0.37; b) the ability of teachers to implement learning in the first cycle of 3.01 and the second cycle was 3.44, this is an increase of 0.43; c) activity of students in the first cycle of 46.33% and the second cycle of 73.66%, this is an increase of 27.33%. Keywords: Increased Activity, Cooperative Learning