PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE DIKELAS IV SDN 06 KETAPANG
Main Authors: | Mastuti, Yuniarti Wahyuning, ., Abdussamad, Utami, Sri |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13071 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13071/11838 |
Daftar Isi:
- Abstrak:Tujuan penelitian ini secara umum untuk mendapatkan informasi yang akurat untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV sekolah dasar negeri 06 Ketapang.Adapun hasil penelitian ini dilakukan sebanyak 3 siklus dengan meningkatkan aktivitas fisik, aktivitas mental dan aktivitas emosional pada pembelajaran IPS dengan menggunakan Model Picture and Picture. Hasil aktivitas fisik meningkat dari baseline 46,97% ke siklus 3 menjadi 89,45%, aktivitas mental meningkat dari baseline 28,41% ke siklus 3 menjadi 64,52%, aktivitas emosional meningkat dari baseline 25% ke siklus 3 menjadi 84,42%. Terjadi peningkatan aktivitas dalam pembelajaran IPS dengan model Picture and Picture. Kata Kunci: Pembelajaran, Model Picture And Picture Abstract :The aim of this study is generally to get accurate information to improve student learning activities in social teaching in class IV elementary school 06 Ketapang. See crop this study make do much third cycle with increased mental activities, emotional activities, physical activities at study social teaching with used is model picture and picture. Cropphysical activity increased from base line 46,97% to third cycle become 89,45%, mental activities from base line 28,41% to third cycle become 64,52%, emotional activities increased from base line 25% to third cycle become 84,42%. Happenincrease activity in study social teachingwith model picture and picture. Keywords : Studies, Model Picture and Picture.