PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE KELAS V SEKOLAH DASAR
Main Authors: | Winarsih, ., Utami, Sri, ., Abdussamad |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13066 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13066/11833 |
Daftar Isi:
- Abstrak : Tujuan penelitian ini secara umum untuk mendapatkan imformasi yang akurat untuk peningkatakan aktivitas pembelajaran siswa yang meliputi aktivitas fisik, mental, dan emosional. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif.Aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh skor 61.73% yang muncul dan yang tidak muncul 38.27% dan 84 pada siklus II memperoleh skor 89.05% yang muncul dan 10.95% tidak muncul, kemampuan guru dalam membuat RPP pada siklus I sebesar 3.62 dan pada siklus II sebesar 3,95. Kemampuan guru melaksanakan pembelajaran siklus I memperoleh skor rata-rata 3.37 dan pada siklus II 3,84.Dan hasil belajar yang diperoleh siswa setelah mengikuti pembelajaran alat pencernaan makanan pada manusia dengan Menggunakan Model Picture And Picture pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 66,79 dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 80,34. Hal ini menunjukan Model Picture And Picture dapat meningkatkan kinerja guru, meningkatkan aktivitas belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Aktivitas Siswa, Model Picture and Picture. Keywords : The goal of this research is generallyto get the purpose of this accurate imformation inimproving the student learning activity that involves physical, mental, and emotional aktivities. The method used is descriptive. The student activity in cycle I get the score of 61.73%, that is visible and univisible38.27%. The teacher competance in learning prosess is cycle I get average score 3.37 and cycly II get average score 89, 05% that is visible and 10,95 % invisible.And the result of learning the student get has used the human digestive learning media by using pictures and pictures strategy in cycly I get avarage score 66,79% and in cycly II get average score 80, 34 %.That is the prove that picture and picture strategy can improve the teacher compentace, student activity and the result of student learning. Keywords: Learning , Student Activities , Picture and Picture Strategy. .