PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENNGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PEMBELAJARAN IPA DISEKOLAH DASAR
Main Authors: | Rosalita, Selvi, ., Rosnita, Abdul H, Maridjo |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13047 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13047/11819 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Tujuan penelitian ini secara umum mendapatkan informasi yang akurat untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA dikelas III Sekolah Dasar Eka Tjipta Kencana Marau Ketapang. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Terdapat peningkatan aktifitas belajar pada baseline yaitu 22,4% meningkat pada siklus I menjadi 42,3% pada siklus 1, pada siklus II meningkat menjadi 57% kemudian meningkat menjadi 91.9% pada siklus III. Selisih peningkatan pada siklus I ke siklus II sebesar 14,7% kemudian selisih peningkatan dari siklus II ke siklus III 34,4%. Dengan demikian skor rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I dan II dikategorikan rendah kemudian pada siklus III dikategorikan sedang. Kata Kunci: aktivitas Belajar, Metode Demonstrasi, IPA Abstract: The aim of this is generally to get accurate information to improve student learning activities in science teaching in class III elementary school Eka Tjipta Kencana Marau Ketapang. The method used is descriptive method . there is increased actvity at baseline study is 22,4% increased to 42,3% in the first cycle, the second cycle increased to 57% and then increased to 91.9% in the third cycle. Difference improvement from the first cycle to the second cycle of 14,7% then the diffrence increased from cycle II to cycle III of 34,4%. This the average score of students’ learning activities in cycle I and II are categorized lower then the third cycle being considered. Keywords: Activities Learning, method menonstration