PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH DASAR

Main Authors: Aisah, Siti, ., Kartono, Uliyanti, Endang
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13033
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13033/11804
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 07 Pontianak Utara. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain eksperimen Nonequivalent Control Group Design.. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengukuran. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes pilihan ganda yang berjumlah 20 soal. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A yang berjumlah 27 orang dan kelas IV B yang berjumlah 28 orang. Hasil pengolahan data, diperoleh rata-rata post-test pada kelas eksperimen sebesar 80,33 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 73,10. Hasil uji hipotesis menggunakan rumus t-test Polled Varians diperoleh thitung = 2,45 dan untuk ttabel = 1,987 dengan dk=n1+n2-2= 53 pada taraf signifikan (α) = 5% dengan demikian diperoleh > atau 2,45 > 1,987. Maka HO ditolak dan HA diterima. Hal ini menunjukan terdapat perbedaaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk tingkat pengaruh penggunaan model pembelajaran Inkuiri pada penelitian ini, diperoleh ES = 0,48 dengan kategori sedang, hal tersebut menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 07 Pontianak Utara. Kata kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar Abstract: This research aimed to describe the effect of applying inquiry learning model to the learning outcomes of students in the learning of students in the fourth grade Natural Sciences State Elementary School 07 North Pontianak. The method used in this study is the experimental method with experimental design Nonequivalent Control Group Design. This type of research is quantitative research. Data collection techniques used in this study using the measurement technique. Data collection tool used is multiple choice test questions totaling 20 questions. The sample in this study is the IV A, amounting to 27 people and the IV B, amounting to 28 people. The result of data processing, obtained an average post-test on the experimental class at 80.33 while the control class is 73.10. Results of hypothesis testing using t-test formula Variance polled obtained t = 2.45 and for the table = 1.987 df = n1 + n2-2 = 53 at significance level (α) = 5% thus obtained t_test> t_table or 2.45 > 1.987. Ha is accepted or approved and Ho rejected. This shows there are differences in learning outcomes between the experimental class and control class. To the degree of influence the use of inquiry learning model in this study, ES = 0.48 price obtained and the effect size based on criteria including the medium category. It shows that the used of inquiry learning model influence on student learning outcomes in the fourth grade Natural Sciences State Elementary School 07 North Pontianak. Keywords: Inquiry Learning Model, Learning Result