PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI SDN 16 KUALA ROSAN SANGGAU

Main Authors: Rosandi, Andi, Kresnadi, Hery, Yusmin, Edi
Format: Article info application/pdf eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2013
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1303
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1303/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak : Penelitian ini berjudul Peningkatan Minat Belajar Matematika menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Sekolah Dasar Negeri 16 Kuala Rosan, dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Dalam penelitian ini untuk meningkatkan minat siswa dalam proses pembelajaran akan dilakukan melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Penyebab utama Yang menjadi permasalahan dalam pnelitian ini adalah karena guru mengajar masih bersifat konvensional, penggunaan media tidak maksimal, metode pembelajaran tidak variatif, inovatif dan menyenangkan, yang dapat menciptakan aktivitas, motivasi dan kegembiraan siswa dalam proses pembelajaran yang akhirnya akan menimbulkan minat belajar siswa pada pelajaran matematika. Untuk menjawab permasalahan tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas secara bersama-sama atau berkolaborasi antara teman sejawat dengan 2 siklus yang dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan terdapat peningkatan dari Baseline terhadap siklus yang telah dilaksanakan pada indicator perhatian dalam pembelajaran yaitu pada Baseline 11,38% menjadi 45,45% pada siklus I dengan selisih 34,1%, kemudian dari siklus I ke siklus II yaitu 45,45% menjadi 72,7% dengan selisih sebesar27,25%. Sedangkan selisih dari baseline ke siklus II sebesar 61,35%. Sedangkan peningkatan dari Baseline terhadap siklus-siklus yang telah dilaksanakan pada indicator ketertarikan dalam pembelajaran yaitu pada baseline 13,63% menjadi 35,02% pada siklus I dengan selisih sebesar 21,39%, sedangkan dari siklus I ke siklus II meningkat menjadi 70,42% dengan selisih sebesar 35,4%, dan selisih keseluruhan dari baseline kesiklus II sebesar 56,79%. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan terjadi perubahan pembelajaran dan delapan perubahan sikap yang menggambarkan minat siswa terhadap mata pelajaran matematika. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan masukan , saran, serta pertimbangan bagi guru yang akan mengajar matematika khususnya Sekolah Dasar. Kata kunci : Minat, Pembelajaran Matematika Realistik Abstract : This research entitle the improvement of students interest in learning mathematics by using realistic mathematics approach for grade realistic six of the state elementary school student number 16 Kuala Rosan. Subdistrict with the type of class action research. To increase student interest in teacing learning proses, this research wiil be conducted by using realistic mathematics approach. The root cause becoming the problem of this research is because the teachers still apply the conventional method, the media is not maximally used the method is not variatif, inovatif and fun, which can create the activities, motivate and student in study mathematics lesson. To overcome the researcher conducted the class action researchin cooperation with coleagues with two cycles conducted in twice meeting. Based on the result of the observation the researcher have found the improvement from baseline to cycle which have been executed on attention indicator in study baseline 11,35% becoming 45,45% at cycle 1 with the difference 34,1% later, then from cycle 1 to cycle 2 that is 45,45% becoming 72,7% with the difference of equal to 27,25%. While the difference from baseline to cycle 2 equal to 61,35%. While the improvement from baseline to cycle which have been executed at interest indicator in learning that is baseline 13,63% becoming 35, 02% at cycle 1 with the difference of equal to 21,39% while from cycle 1 to cycle 2 mounting to becoming 70,42% with the difference of equal to 35,4% and entirety difference from baseline to cycle 2 equal to 56,79%. Based on the result of the analysis, it can be concluded that there are study change and eight attitude changes describing student enthusiasm to mathematics subject. This researchis expected can be a guidance, suggestion and consideration for teachers in teaching mathematics especially elementary school teachers. Key Word : Interest, Realistic Matematika Approach