PENGGUNAAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN IPA DI KELAS VI SD
Main Authors: | Ita, Maria Saleran, ., Rosnita, ., Maridjo AH. |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13022 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13022/11794 |
Daftar Isi:
- Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan metode diskusi di Kelas VI SD Subsidi Usaba Gerai Simpang Dua. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif, dengan bentuk penelitian tindakan kelas dalam tiga siklus. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan pengukuran. Alat pengumpul data berupa lembar observasi dan tes. Teknik analisa data berupa deskriptif kualitatif dengan teknik prosentaase. Kemampuan guru merancang pembelajaran siklus I sebesar 2,00 kategori cukup, siklus II sebesar 3,00 kategori baik, siklus III skor 3,72 kategori baik. Kemampuan guru melaksanakan pembelajaran siklus I sebesar 2,00 kategori cukup, siklus II sebesar 2,88 kategori baik, siklus III skor 3,92 kategori baik. Hasil belajar siswa siklus I dengan rata-rata 52,50, siklus II rata-rata 67,08, siklus III rata-rata 81,25. Peningkatan merencanakan pembelajaran 46,24%, melaksanakan pembelajaran 48,48,98, hasil belajar 74,43%. Penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar di Kelas VI SD. Kata Kunci : Metode Diskusi, Hasil Belajar, IPA Abstract. This study aimed to describe improving student learning outcomes in science teaching methods discussion in Grade VI Elementary School Subsidy Usaba Gerai Simpang Dua. The research method uses descriptive method, with the form of classroom action research in three cycles. The technique of collecting data through observation and measurement. Data collection tool in the form of sheets of observations and test. Data analysis techniques in the form of qualitative descriptive technique percentages. The ability of teachers to design learning first cycle of 2.00 category enough, the second cycle of 3.00 both categories, the third cycle either category score of 3.72. The ability of teachers to implement the first cycle of learning enough categories 2.00, 2.88 second cycle of either category, the third cycle either category scores 3.92. Student learning outcomes first cycle with an average of 52.50, the second cycle an average of 67.08, the third cycle average of 81.25. 46.24% increase in the learning plan, implement 48,48,98 learning, learning outcomes 74.43%. Use of discussion method can improve learning outcomes IPA in Class VI. Keywords: Method Of Discussion, Learning Outcomes, Science