PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI SEKOLAH DASAR

Main Authors: Suliati, Emi, Hasjmy, Maridjo Abdul, ., Rosnita
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13006
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13006/11778
Daftar Isi:
  • Abstrak: Masalah umum penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas belajar murid kelas I SDN 03 Sungai Laur Kabupaten Ketapang? Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran IPA pada murid kelas I SDN 03 Sungai Laur Kabupaten Ketapang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Subjeknya guru dan 20 orang siswa kelas I SDN 03 Sungai Laur Kabupaten Ketapang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dalam pembelajaran IPA ternyata dapat meningkatkan hasil aktivitas murid, untuk itu disarankan kepada rekan guru agar dalam pembelajaran dapat menggunakan media gambar terutama untuk murid yang masih duduk di kelas I. Kata Kunci: Media Gambar, Aktivitas Pembelajaran IPA Abstract: The general problem of this study is whether the use of media images in science learning can improve student learning activity class I SDN 03 Laur River Ketapang? The general objective of this research is to increase the activity of science teaching in the first grade students of SDN 03 Laur River Ketapang. The method used in this research is descriptive method. Subject teachers and 20 students of class I SDN 03 Laur River Ketapang. The results showed that the use of images in the media may actually enhance science learning outcomes pupil activity, for it suggested to colleagues that the teacher in the learning process using media images, especially for students who are still sitting in class I. Keywords: Media Images, The Activity Of Science Teaching