PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE RESITASI DI SEKOLAH DASAR
Main Authors: | Yuniana, ., Kresnadi, Hery, Asran, Mastar |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12975 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12975/11751 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan Metode Risitasi pada pembelajaran matematika di kelas V Sekolah Dasar Negeri 38 Susuan, Kecamatan Mempawah Hulu, Kabupaten Landak. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Penelitian bersifat kolaboratif, subjek dalam penelitian tindakan ini adalah guru sebagai peneliti dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 38 Susuan, hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran matematika mengalami peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya dari baseline yaitu 30,13% meningkat menjadi 66,56% pada siklus I, pada siklus II meningkat menjadi 91,25%. Dengan persentase tingkat keberhasilan siswa mencapai 95%. Peningkatan hasil belajar siswa tersebut menunjukan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 38 Susuan, Kecamatan Mempawah Hulu, Kabupaten Landak. Kata Kunci : Pembelajaran Matematika, Metode Resitasi. Abstract : The aim of this study is generally to obtain accurate information in the improvement of learning outcomes in mathematics at the State Primary School fifth grade 38 Cascade , District Mempawah Hulu , Porcupine District . The method used is descriptive method . Data collection technique was direct observation and documentary studies . Data Collectors tool that is in use sheets of observation and document learning outcomes . The data analysis technique analyzed qualitative descriptive . There is an increase in learning outcomes at baseline , namely 30.13 % increased to 66.56 % in the first cycle , the second cycle increased to 83.91 % . The difference increased from cycle I to cycle II of 91,25 % . Thus the average score improving student learning outcomes in the first cycle categorized as " moderate " and then in the second cycle are categorized as " high " . Keywords :Mathematics Learning , Method Recitation.