PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA KONGKRET PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR
Main Authors: | Suprianto, ., Uliyanti, Endang, ., Syamsiati |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12966 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12966/11741 |
Daftar Isi:
- Abstrak:Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi yang akurat dan meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Matematika di kelas V Sekolah Dasar Negeri 19 Rambai. Metode yang digunakan adalah menggunakan media kongkret. Terdapat peningkatan motivasi belajar pada Base Line yaitu 39,85% meningkat menjadi 54,85% pada siklus I, pada siklus II meningkat menjadi 69,12%. Selisih peningkatan dari siklus II sebesar 14,27%. Dengan demikian skor rata – rata motivasi belajar siswa pada siklus I dan II dikategorikan meningkat. Kata Kunci:Motivasi Belajar, metode kongkret, Matematika Abstract:The aim of this study is generally to get accurate information to improve learning motivation in Mathematics teaching in class V elementary school 19 Rambai. The method used is concrete . There is increased motivation at Base Line Study is 39,85%, increased to 54,85% to the first cycle, the second cycle increased to 69,12%. Difference improvement from the first cycle to the second cycle of 14,27%. This the average score of students learning motivation in cycle I and II are categorized increased. Keywords :Motivation learning, Concrete method, Mathematics.