PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DI SEKOLAH DASAR
Main Authors: | Zebua, Sadarman, Kresnadi, Hery, Asran, Mastar |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12956 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12956/11734 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode diskusi pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Sekolah Dasar Negeri 05 Seladan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Penelitian ini bersifat kolaboratif. Subjek dalam penelitian tindakan ini adalah guru sebagai peneliti dan siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 05 Seladan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan metode diskusi menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada setiap siklus mengalami peningkatan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 73,5 atau dengan persentase 66,67%, sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata atau 85 dengan persentase tingkat keberhasilan siswa mencapai 100%. Peningkatan hasil belajar siswa tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 05 Seladan. Kata Kunci: Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Metode Diskusi Abstract: This study aimed to describe the use of the method of discussion on learning Citizenship Education to improve student learning outcomes State Elementary School 05 Seladan. The method used is descriptive method. This research is collaborative. Subjects in the study of this action is the teacher as a researcher and sixth grade students of State Elementary School 05 Seladan. The results showed that the learning Citizenship Education using the discussion showed that the learning outcomes of students in each cycle has increased. This study was conducted in two cycles. Student learning outcomes in the first cycle with an average value of 73.5 or with the percentage of 66.67%, while in the second cycle student learning outcomes increased with an average value or 85 with the percentage of the student success rate reaches 100%. Improving student learning outcomes indicate that the Citizenship Education learning using discussion method can improve learning outcomes sixth grade students of State Elementary School 05 Seladan. Keywords: Citizenship Education Learning, Discussion Methods