PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DI SEKOLAH DASAR
Main Authors: | Andi, Zakaria, ., Syamsiati, Uliyanti, Endang |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12932 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12932/11714 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam menggunakan metode eksperimen kelas V Sekolah Dasar Negeri 10 Tuba Pasak. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Terdapat peningkatan kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran pada siklus 1 yaitu 2,81 menjadi 3,6 pada siklus II,selisih peningkatan dari siklus 1 ke siklus II sebesar 0,79. Peningkatan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran pada siklus 1 yaitu 2,37 menjadi 3,44 pada siklus II, selisih peningkatan dari siklus 1 ke siklus II sebesar 1,07. Peningkatan hasil belajar siswa pada siklus 1 yaitu 57,89% menjadi 84,21% pada siklus II, selisih peningkatan dari siklus 1 ke siklus II sebesar 26,32%. Dengan demikian skor hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus II dikategorikan tuntas. Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Metode Eksperimen Abstract: The main objective of this research is to improve student learning outcomes in the Natural Sciences learning using the experimental method in class V Elementary School 10 Tuba Pasak. The method used is descriptive method. There is an increased ability of teachers to plan learning in cycle 1 is 2.81 to 3.6 in the second cycle, the difference increased from cycle 1 to cycle II of 0.79. Improving the ability of teachers in implementing the learning in cycle 1 is 2.37 to 3.44 in the second cycle, the difference increased from cycle 1 to cycle II of 1.07. Improving student learning outcomes in cycle 1 is 57.89 % to 84.21 % in the second cycle, the difference increased from cycle 1 to cycle II of 26.32 %. Thus the score of student learning outcomes from cycle 1 to cycle II considered complete. Keywords : Results Learning , Science, Experimental Methods